Tutorial Membuat Bookmark di Browser

 Assalamu'alaikum,


    Pendahuluan.

    Suatu waktu saya sedang browsing mencari buku-buku pdf (e-book). Setelah ketemu, saya pun mendownloadnya. Eh, seminggu kemudian filenya hilang, maklum kadang hp banyak yang make. dalam artian kadang adik-adik saya iseng asal hapus file. Dan file e-booknya jadi korban pemusnahan.

    Secara otomatis saya harus cari lagi dong di internet. Demi mempercepat waktu, saya membuka history, eh bukannya mempercepat tapi malah sama saja, saya harus mencari-cari karena saking banyaknya situs yang pernah saya kunjungi.

    Terpaksa deh, saya searching lagi di google. Nyari lagi.

    ##############

    Nah, jika teman-teman pernah mengalami hal seperti itu. Maka dari pengalaman saya, saya menggunakan bookmark (terjemahannya penanda buku). Bagaimana caranya, yuk disimak terus.

    Apa itu bookmark ?

    Bookmark secara gampangnya adalah penanda buku, atau jika diibaratkan kalo kalian sedang baca buku, setelah selesai kalian melipat pojokan halaman dimana kalian selesai membaca.

    Apa fungsi dari bookmark ?

    Fungsi dari bookmark sederhana tapi juga penting, yaitu befungsi sebagai penanda halaman atau situs, yang apabila kalian ingin mengunjunginya lagi kalian tinggal membukanya lewat bookmark ini, tanpa harus searching terlebih dahulu.

    (catatan : biasanya saya gunakan untuk menandai link download, karena link download begitu panjang sehingga sulit dihafalkan. Tidak seperti situs sosial media, pendek juga sering kita kunjungi sehingga tanpa kita guanakan bookmarkpun kita sudah hafal alamatnya)

    Bagaimana cara untuk membuat bookmark ?

    Sebelum menjelaskan bagaimana membuat bookmark, saya beri tahu bahwa bookmark ada disetiap browser, baik itu bawaan gadget atau juga yang downlodan seperti google chrome, Uc browser, Opera mini, dll. Akan tetapi dari pengalaman yang saya alami, saya memakai browser google chrome. Lebih enak lagi kalo akun google kalian sudah disinkronkan.

    Alasannya, karena kalian juga bisa mengaksesnya dari gadget, laptop atau komputer milik orang lain atau teman kalian.

    Langkah-langkahnya adalah, (ingat saya menggunakan browser google chrome) :

    Pertama, kalian buka situs atau halaman yang akan di bookmark.an

    Kedua, setelah halaman terbuka, klik titik tiga dipojok kanan atas (atau juga biasanya berupa tanda panah keatas, yang mana ini menandakan browser google chrome kalian minta diperbaharui).


    Ketiga, klik ikon bintang, kemudian simpan.


    Selesai, mudah bukan.

    Dan jika kalian ingin membukanya, kalian tinggal klik "bookmark".




Akan muncul 2 opsi, bookmark seluler dan bilah bookmark.

1. Bookmark seluler adalah bookmark yang kalian buat melalui gadget atau handphone kalian.
2. Bilah bookmark adalah bookmark yang kalian buat melalui PC. (untuk bookmark bilah biasanya muncul dibawah adress bar)

Demikian yang bisa saya bagikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum.

0 Response to "Tutorial Membuat Bookmark di Browser"

Posting Komentar

Postingan Populer