Lakukan ini sebelum membeli hp di Facebook

Perkembangan teknologi gadget - baca: smartphone - sangatlah cepat, baru satu bulan saja sudah ada beberapa model baru yang diluncurkan. Dengan fitur-fitur baru yang ditambahkan, tapi bugdet tetap sama membuat para pecinta smartphone harus cerdas dan cerdik dalam memilah dan memilih saat akan membeli smartphone.

https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/wurSr_A5ChYcAsYWbwsgxjV_jUk=/375x208/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/1042575/original/076923000_1446554792-gadget.jpg


Selain dari sisi smartphone itu sendiri, perkembangan media - baca : lapak - jual beli pun semakin mudah, salah satunya adalah media sosial facebook. Media sosial yang sudah tergolong sepuh ini, masih menjadi media jual beli yang ramai diminati oleh kalangan menengah ke bawah.


Dari yang saya amati, banyak sekali grup-grup jual beli di facebook, bukan hanya smartphone tapi juga barang lain yang beraneka ragam.


Beberapa kasus jual beli yang saya amati, masih banyak kasus jual beli yang cacat dengan alasan penipuan. Padahal, jual beli adalah bentuk transaksi kesepakatan 2 individu. Jika 2 individu itu sudah berpisah dari tempat transaksi, maka secara tidak langsung kesepakatan telah disepakati. Sehingga jika setelah itu ada problem, semisal rusak, atau spesifikasi tidak sesuai, secara halus bisa dikatakan bahwa si pembeli tidak mempunyai "ilmu" dalam transaksi jual beli.


Berangkat dari kasus - kasus tersebut, maka kita sebagai calon pembeli harus pintar - pintar dalam memilah dan memilih dalam transaksi jual beli smartphone atau Hp.


Berikut beberapa trik dan tips sebelum kalian membeli smartphone melalui lapak facebook :


1. Cek Akun

https://img.antaranews.com/cache/800x533/2017/03/20170327fb.jpg.webp


Yang pertama dan paling penting adalah cek akun si penjual. Lalu bagaimana cara kita mengetahui bahwa itu penipu atau bukan, atau secara simpelnya adalah standar apakah yang kita gunakan supaya kita percaya kepada si penjual.


Ceklah akun si penjual, jika data diri si penjual terlihat lengkap maka bisa kita percayai. Atau semisal postingan yang ada diakun si penjual masih terlihat baru maka itu juga bisa dijadikan standar untuk percaya.


2. Cod Ditempat Yang Enak


Tempat cod juga terkadang mempengaruhi proses pembelian, maka dari itu pilihlah tempat cod yang enak, sejuk, dan tenang. Atau lebih baik  cod dirumah si penjual. Hindarilah cod dipinggir jalan, dengan catatan bahwa kemampuanmu - baca : si pembeli - kurang mumpuni dalam hal mengecek hp.


Mungkin itu, cukup 2 point yang harus kalian perhatikan sebelum kalian membeli hp di media sosial facebook. Akan tetapi ada hal yang harus kalian lebih perhatikan yaitu bahwa kalian harus bisa mengontrol keinginan kalian saat ingin membeli hp. Artinya bahwa ketika kalian ingin mempunyai hp, bukan saat itu juga kalian langsung mencari di facebook dan harus dapat saat itu juga, bukan seperti itu.


Kalian harus dan itu harus, harus memantau terlebih dulu mengenai rentang harga - baca : harga pasar - yang sedang berlaku pada hp incaran kalian. Bisa - bisa karena tidak tahu harga pasar, dan mentang - mentang punya banyal uang kalian langsung membelinya.


Demikian, saya akhiri tulisan ini semoga bermanfaat, dan apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dikoreksi. Sekian.

0 Response to "Lakukan ini sebelum membeli hp di Facebook"

Posting Komentar

Postingan Populer