Tutorial Mengatasi Penyimpanan Internal Gadget Yang Penuh

 Assalamu'alaikum warahmatullahi ta'ala wabarokatuh



Halo, teman-teman. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai bagaimana cara mengatasi ruang penyimpanan internal, agar tidak cepat penuh.

Sebagimana telah disebutkan pada bahasan yang lalu-lalu, bahwa gadget sudah beralih kasta dari kasta tersier ke kasta primer.

Penggunaan gadget dalam setiap aktivitas, menyebabkan cepat penuhnya ruang penyimpanan internal gadget. Dan itu dapat menganggu kinerja gadget teman-teman.

Nah, bagaimana solusinya ?

Dari pengalaman saya, ada beberapa cara untuk mengatasi ruang penyimpanan internal gadget yang sering penuh.

1. Menambahkan Memori Eksternal


Yup, cara pertama ini memang sudah lazim. Ketika memang, ruang penyimpanan internal sudah penuh, langkah yang logis adalah dengan menambahkan memori eksternal. Dengan tambahan memori, maka ruang penyimpanan akan bertambah.

2. Memindahkan Penyimpanan Aplikasi


Untuk beberapa aplikasi memang didesain untuk jadi "penghuni" ruang penyimpanan internal, sehingga tidak bisa dipindahkan. Akan tetapi juga ada beberapa aplikasi yang bisa dipindahkan. Nah, dengan memindahkan ruang penyimpanan aplikasi ke memori eksternal, maka akan menolong ruang penyimpanan internal tidak cepat penuh.

3. Mencopot Pembaharuan Aplikasi


Aplikasi yang sering memperbarui biasanya aplikasi bawaan dari Google. Meski dalam google play, ada pengaturan "jangan memperbaharui secara otomatis", akan tetapi sepengalaman saya, itu tidak berfungsi lama. Karena pada kenyataannya, ketika saya terhubung Wi-Fi, aplikasi akan memperbaharui dengan sendirinya. Jadi kalian harus rajin-rajin mengecek. Hehe.

4. Mengapus "Sampah"


Oke, sampah disini dihasilkan dari kegiatan online kalian menggunakan aplikasi seperti YouTube terutama. Caranya mudah kalian tinggal buka pengaturan file, kalian ketikan pada kolom pencarian, "cache". Maka akan muncul banyak folder "cache". Kalian tinggal hapus folder-folder tersebut, karena isinya adalah sisa-sisa hasil online kalian.

Satu lagi, ada file yang biasanya berukuran besar, tapi itu bukan "sampah" sebenarnya, akan tetapi (menurut saya) sebuah hasil rekapitulasi WhatsApp tapi terenskipsi. Namanya "msgstore ....". Kalian bisa buka di folder WhatsApp, sub folder Database. Teman-teman bisa hapus itu, jika teman-teman mau. File itu akan muncul lagi dalam satu hari kemudian.

Demikian yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat.
Sekian,
Wassalamu'alaikum warahmatullahi ta'ala wabarokatuh

0 Response to "Tutorial Mengatasi Penyimpanan Internal Gadget Yang Penuh"

Posting Komentar

Postingan Populer