Solusi Bagi orang Tua, Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

 Assalamu’alaikum Wa Rohmatullohi Ta'ala Wa Barokatuh


Oleh : @elrosyadi296

Gadget, menjadi sebuah alat komunikasi yang sudah naik kasta, dari kasta tersier menjadi kasta primer. Dengan adanya sistem sekolah daring, menjadi penyebab naik kastanya si gadget ini. Namun, meskipun si gadget telah naik kasta, niali-nilai postif dan negative masih menjadi hantu fikiran bagi mereka para orang tua. 

Mereka para anak, terkadang menjadikan sekolah daring sebagai alasan agar mereka bermain game di gadget mereka. Hal itu menjadikan para orang tua pusing, karena bukannya anak mereka sekolah akan tetapi malah bermain game. 

Lalu solusi bagaimana? 

Untuk solusi, saya sendiri sebenarnya hanya mencoba-coba. Dan ada sedikit solusi yang ditawarkan. 

Oke, saya ceritakan. 

Untuk solusi, ini berkaitan dengan akun google. Bagi para orang tua, diharapkan agar lebih tau sedikit mengenai akun google. Agar tidak begitu gaptek dibanding dengan anak-anak mereka (hehe). 

Sedikit saya jabarkan, akun google merupakan sebuah akun yang dibuat dengan mendaftar gmail. Caranya bagaimana, (nanti Insya Alloh saya akan buatkan artikelnya)

Bagi yang paham, pastilah sangat berhati dengan akun google yang mereka miliki (mereka sangat menjaga kerahasiaan password mereka). 

Nah, bagi yang awam terkadang tidak begitu menghiraukan. 

Lalu, untuk apa akun google itu kaitannya dengan solusi bagi para orang tua ? 

Eits,

Saya yakin hp para anak pastilah sudah mendukung dengan akun google. Bagaimana cara memasukkannya, ? (nanti insya alloh saya jabarkan juga itu, diartikel lain) 

Oke, pada intinya. 

Jika orang tua bisa mengendalikan aktivitas anak mereka melalui gadget mereka. Solusinya adalah para orang tua harus mempunyai akun google yang ada di hp anak-anak mereka. 

Langkah-langkahnya, seperti ini. 



Buat akun google baru, khusus untuk di pasang di hp anak-anak. Pasang di hp anak-anak tanpa sepengetahuan mereka. Dan diusahakan hanya ada satu akun google pada anak-anak. (hanya saran supaya pengaturan lebih simple, hehe). 

Jika sudah sampai tahap ini (pemasangan akun google) ada 2 pilihan. 

1. Hanya dipasang 

2. Didaftarkan ke google family 



Apa bedanya ? 
  • Perbedaannya, jika orang tua hanya memasangkan akun google (tanpa didaftarkan di google family), orang tua hanya bisa mengunci gadget anak-anak mereka dari jauh.

Sehingga ketika anak-anak mereka sudah terlalu sering game, para orang tua bisa mengunci gadget anak mereka dari gadget mereka sendiri.

  • Dan, jika orang tua mendaftarkan akun google anak mereka (yang terpasang di gadget anak-anak) ke google family, selain para orang tua bisa mengunci gadget anak-anak mereka dari jauh, para orang tua juga mempunyai hak untuk mengizinkan atau tidak mengizinkan anak-anak mereka mendownload aplikasi dari play store. 
Jadi, ketika anak-anak mereka akan mendownload aplikasi dari playstore, mereka harus meminta izin kepada orang tua. Apakah orang tua mengizinkan atau tidak? (dengan catatan jangan sampai anak-anak mereka mengetahui password akun google orang tua) 

Demikian yang bisa saya bagikan, berdasarkan pengalaman saya mengotak-atik gadget. 

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wa Rohmatullohi Ta'ala Wa Barokatuh

0 Response to "Solusi Bagi orang Tua, Mengatasi Anak Kecanduan Gadget"

Posting Komentar

Postingan Populer