Cara Jitu Membuat Baterai Smartphone Lebih Awet

Baterai boros
Di era sekarang ini, siapa yang tak kenal dengan yang namanya smartphone, hampir semua kalangan mulai dari anak kecil, remaja, hingga orang tua beralih dari handphone yang tadinya kebutuhannya hanya sekedar untuk menelfon dan sms menjadi semakin komplit, dimana kebutuhan para pengguna sangat di manjakan dengan kemudahan yang di tawarkan.

Seiring berkembangnya teknologi smartphone, dan juga perkembangan aplikasi serta game-game yang semakin bervariasi. Meskipun terkadang sebuah smartphone dibekali dengan kapasitas baterai yang terbilang cukup besar. Akan tetapi, apabila tidak diatur dengan baik, maka baterai akan cepat boros (cepat habis).

Maka dari itu, kali ini saya akan membagikan tips and trik agar supaya baterai smartphon Anda tetap awet.

Pada smartphone kebutuhan Internet menjadi salah satu faktor mengapa baterai cepat habis, karena daya yang digunakan ketika smartphone sedang online akan lebih besar ketimbang ketika tidak mengaktifkan koneksi internet (offline).

Sayangnya kebiasaan kita adalah ketika baterai sudah hampir habis, lalu kita charge tetapi karena masih asik dengan smartphone kita, akhirnya smartphonepun tetap kita pakai dalam keadaan charge. Inilah salah satu faktor baterai akan cepat bocor. Jadi sebaiknya, ketika ponsel sedang dicharge, jangan kita gunakan tetapi kita diamkan atau lebih baik jika kita non aktifkan. Cara ini akan membuat umur baterai akan lebih awet.


Berikut beberapa cara jitu agar supoaya baterai smartphone lebih awet :
  1. Gunakan charge asli atau ori (untuk cara pertama ini, memang tidak berdampak jangka pendek. Akan tetapi akibat atau dampaknya dapat dilihat jika sudah terlalu sering).
  2. Coba untuk mematikan perangkat ketika sedang dicharge, atau juga dengan me-mode pesawat.
  3. Pencarian sinyal yang lemah ketika berada di daerah juga menjadi faktor baterai akan lebih cepat habis, jadi usahakan ketika berada di daerah yang ber-sinyal rendah, jangan aktifkan koneksi data.
  4. Matikan fungsi 'vibrate' pada ponsel, karena getaran akan lebih memakan daya baterai ketimbang ringtone.
  5. Atur seminim mungkin waktu backlight, misalnya 15 detik.
  6. Matikan fungsi gps, bluetooth, wifi jika sedang tidak di pakai.
  7. Ketika sedang berada di perjalanan, aktifkan hanya mode GSM saja atau mode pesawat.
  8. Hindari lokasi ponsel di tempat yang panas.
  9. Hanya isi baterai ketika mendapat notifikasi baterai lemah, biasanya pada saat berada di level 15 %, dan pastikan charge sampai benar - benar penuh 100%
  10. Tutup aplikasi yang tidak di gunakan, karena pada dasarnya, setiap aplikasi yang berjalan dismartphone ketika kita tutup itu tidak benar - benar tertutup melainkan hanya berjalan di background. Jadi gunakan fitur task manager untuk meng-kill aplikasi yang sudah tidak kita gunakan.
  11. Gunakan wallpaper berwarna gelap / hitam, karena OS akan lebih memakan daya ketika brightness layar tinggi.
Nah, itulah beberapa cara jitu membuat baterai android lebih awet. Semoga bermanfaat.

see you next time

0 Response to "Cara Jitu Membuat Baterai Smartphone Lebih Awet"

Posting Komentar

Postingan Populer